Jangan Panik! Begini Cara Meredakan Panas Pada Balita yang Tepat



Cara meredakan panas pada bayi adalah salah satu hal penting yang harus diketahui oleh para orang tua. Terutama bagi mereka yang baru menjadi orang tua. Biasanya sebagai orang tua baru akan cepat panik jika tiba-tiba bayi mengalami demam.

Selain pergi ke dokter ada banyak cara yang dapat dilakukan di rumah untuk meredakan panas pada bayi. Demam atau panas adalah  naiknya kondisi suhu tubuh di atas normal yaitu 37 derajat celcius. Bayi yang mengalami gejala panas harus segera ditangani agar tidak terjadi sesuatu yang buruk bila tidak ada tindakan.

Cara Meredakan Panas pada Bayi yang Ampuh dengan Metode  Alami

Sebenarnya saat bayi mengalami gejala panas bisa langsung membawanya ke dokter. Namun, tidak semua obat-obatan dapat menurunkan panas bayi dengan cepat. Oleh sebab itu, sebagai orang tua harus tahu bahwa meredakan panas ini dapat dilakukan sendiri di rumah, begini cara mudahnya;

  • Balur Tubuh Bayi dengan Ramuan Kayu Putih

Cara menurunkan panas pada bayi melalui cara alami yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan membalur tubuhnya menggunakan ramuan kayu putih. Caranya adalah campur parutan bawang merah dan minyak kayu putih. Boleh juga ditambah seiris jeruk nipis.

Minyak kayu putih ini bisa diganti denga minyak kelapa jika bayi merasa tidak nyaman. Balurkan ramuan tersebut secara merata. Lakukan pijatan ringan hingga bayi mendapatkan kenyamanan.

  • Istirahat yang Cukup

Langkah yang tidak kalah ampuh sebagai cara meredakan panas pada bayi adalah dengan istirahat yang cukup. Biarkan bayi tidur dalam jangka waktu yang cukup hingga dia merasa nyaman. Dengan istirahat, tubuh akan melakukan regenerasi sel hingga membuat suhu tubuh menjadi turun.

  • Kompres Air Hangat

Cara yang sering dilakukan dan bagus untuk meredakan panas pada bayi adalah mengompresnya dengan air hangat. Siapkan handuk kecil dan air hangat, celupkan handuk tersebut dan peras hingga berkurang airnya.

Letakkan handuk tersebut di dahi bayi hingga kering. Jangan lupa untuk memberinya pakaian yang tipis agar panas tubuhnya bisa keluar dan jangan mendekatkannya ke AC atau kipas angin agar tidak naik suhu badannya.

Cara meredakan panas pada bayi di atas hingga kini masih tetap dilakukan oleh para orang tua sebelum membawanya ke dokter. Jika panasnya tidak berkurang dan tidak ada perubahan, maka sebaiknya lekas membawanya ke dokter terdekat.

Post a Comment

0 Comments